Vans vs Converse, Mana Yang Paling Diminati Anak Muda Indonesia?

vans vs converse

Di dunia fashion, tentunya ada sangat banyak aliran atau tren. Beberapa tren tersebut bahkan terus berulang dari masa ke masa. Salah satu jenis tren yang tak pernah lekang oleh waktu adalah casual. Nah, berbicara soal gaya casual, pastinya tak bisa dilepaskan dari sneakers bukan? Ditinjau dari sejarahnya, sneakers merupakan jenis sepatu yang dipakai untuk olahraga tertentu, seperti basket dan skate board. Brand Vans dan Converse adalah dua merk paling terkenal untuk kebutuhan yang satu ini.

 

Converse Atau Vans, Pilih Mana?

Pada dasarnya, Converse dan Vans sama-sama menggunakan desain klasik yang ikonik. Kedua produsen sepatu kelas dunia ini tidak banyak merubah bentuknya. Mereka hanya bermain dengan corak di badan sepatu.

Ditinjau dari sejarahnya, Converse terlebih dahulu muncul ke muka publik pada tahun 1917, seiring populernya olahraga bola basket di Amerika Serikat. Dalam perkembangannya, Converse berubah menjadi item fashion wajib untuk gaya casual.

Bahkan, Converse menyandang gelar “All American Boys Shoe”.

Tak ada sejarah yang jelas kapan Converse masuk ke tanah air. Yang pasti, pop culture dari dunia barat yang turut menginvasi Indonesia ditengarai menjadi saat-saat Converse masuk ke pasar Indonesia, tentunya lewat jalur kolektor dan golongan atas.

Hingga kini, Converse masih menjadi produk yang laris. Hal ini tak lepas dari struktur sepatu yang timeless, nyaman dikenakan, dan mudah perawatannya. Saking populernya, banyak bermunculan produk palsu yang mengatasnamakan Converse.

Dibandingkan dengan Converse, Vans muncul di tahun 1966, yang merupakan sebuah karya dari Steve Van Doren. Kala itu, Van Doren membuat sepatu pesanan khusus dari seorang pelanggan kelas atas, yang lekat dengan olahraga papan luncur alias skate board.

Di Indonesia, sempat booming video game berjudul Tony Hawk: Pro Skater pada medio 90-an. Popularitas game tersebut serta merta mendongkrak minat remaja Indonesia terhadap olahraga ekstrim. Sehingga permintaan akan sepatu Vans pun turut melonjak di tanah air.

Vans juga identik dengan musik indie dan aliran alternatif. Banyak band internasional yang yang menjadikan Vans sebagai outfit ‘manggung’ mereka. Untuk diketahui, alternatif termasuk jenis musik yang juga sangat diminati di Indonesia.

Jika dilihat dari latar belakangnya, cukup bisa ditarik kesimpulan bahwa Converse dan Vans sama-sama merupakan produk sepatu yang diminati anak muda di Indonesia. Kedua brand tersebut sama-sama memiliki kesan simple dan kasual.

Baca juga ; Bukti Kalau Mesin Waktu itu ada, Sangat Meyakinkan

Perbedaan vans vs converse

Perbedaannya mungkin terdapat pada karakteristik penggunanya. Converse lebih banyak diminati oleh anak muda yang trendy dan aktif. Sementara Vans, lebih menggambarkan mereka yang eksklusif dan memiliki kelas tersendiri.

Sulit rasanya menentukan mana di antara kedua brand tersebut yang lebih diminati. Pasalnya, terdapat beberapa komunitas pecinta Converse maupun Vans. Komunitas-komunitas tersebut juga beranggotakan cukup banyak penggemar fanatik.

Mungkin lebih mudah untuk menilai populasinya. Converse, yang dipasarkan jauh sebelum Vans, pasti memiliki populasi pengguna yang lebih banyak. Ditambah lagi, Converse sejak lama memiliki beberapa outlet resmi di Indonesia.

Vans memang memiliki toko resmi di Indonesia, namun Vans dinilai terlalu lambat dalam hal update produk. Sehingga, para pecinta Vans lebih memilih membeli produk aslinya dari situs jual beli internasional. Dengan update model yang lebih fresh tentunya.

Ditambah lagi, Vans diisukan tak betah berada di pasar Indonesia, karena begitu banyaknya tekanan dari produk plagiat. Hal itu mengakibatkan penjualan Vans sedikit goyang. Padahal, hal serupa juga dialami Converse, tapi mereka memilih untuk bertahan.

Sama-sama populer, sama-sama diminati, dan sama-sama memiliki sejarah panjang di dunia fashion. Baik Converse maupun Vans, layak disebut sebagai brand sepatu ikonik, yang mungkin tak akan pernah mati.

Kalau Anda, lebih suka Converse atau Vans?

 

Meta

Judul: Vans vs Converse, Mana Yang Paling Diminati Anak Muda Indonesia?

Deskripsi: Antara Vans dan Converse, sama-sama memiliki basis penggemar yang luas. Di Indonesia, manakah yang lebih diminati anak muda?

Keyword: –